DPRD Muarojambi tekankan Perusahaan Transparan Perizinan

Senin, 05 Juni 2017 - 01:16:36


Gedung DPRD Muarojambi
Gedung DPRD Muarojambi /

SENGETI,PJ- Pihak Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Muarojambi meminta kepada perusahaan yang beraktivitas di wilayah hukum Muarojambi agar dapat mengindahkan dan harus transparansi mengenai status perusahaan terutama dalam hal perizinan,seperti IMB dan izin gangguan lingkungan.
Hal ini disampaikan, R Fauzi Ketua Komisi C DPRD Muarojambi terkait menjamurnya perusahaan yang berkembang di wilayah Bumi Sailun Salimbai.

Dirinya mengatakan, transparansi antara perusahan dan pemerintahan Kabupaten itu sangat penting. Seperti,masalah pemerintah menentukan jumlah dana yang harus diberikan perusahaan kepada Pemkab dalam bentuk dana CSR. ” transparansi perusahan itu yang dibutuhkan kita,” kata Ketua PKS Muarojambi ini.

Lebih lanjut, Ketua Fraksi PKS menyampaikan, kalau wara laba setiap perusahaan diberitahu, katanya tentu dewan dan pemkab bisa menentukan jumlah dana CSR yang dikeluarkan tiap perusahaan di Kabupaten Muarojambi ini. Sedangkan selama ini,penghasilan waralaba bersihnya itu belum ada transparansinya. Kalau ada,akan lebih memudahkan sehingga kita tahu berapa jumlah yang seharusnya diberikan untuk dana CSR-nya,” sebutnya.

Bukan hanya itu, dengan adanya transparansi ini, dewan dan pemkab dapat lebih mengetahui terhadap IMB dan Izin Gangguan (HO) yang bermasalah, bahkan yang tak memiliki IMB,terangnya. Contohnya,berdasarkan laporan masyarakat selama ini dan ketika sidak, gudang di Desa Tangkit Sungai Gelam. Ternyata kedapatan,gudang satu area dengan satu IMB tetapi di dalamnya banyak terdapat gudang dengan objek yang berbeda,” ujarnya.

Fauzi menambahkan, sebelumnya ketika pemkab menarik dana CSR terhadap perusahaan terkesan semacam ada penekanan. ” kalau di gunakan dengan cara ini, tentu hasilnya tidak sesuai target. ” Kalau tetap menggunakan mind set lama tak efisien,” terangnya.

“Saat ini penarikan dana CSR melalui pendekatan persuasif. Dengan kata lain,ketika sebuah perusahaan beroperasi dan produksi di Kabupaten Muarojambi tentu harus ada kontribusi. Selanjutnya, bagaimana menumbuhkan rasa memiliki kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Muarojambi ini,katanya.(nil)

Penulis: Daniel
Editor: Ansori