DPRD Muarojambi gelar Paripurna penyampaian RAPBD 2018

Senin, 18 September 2017 - 20:33:34


Bupati menyerahkan RAPBDP Kepada Ketua DPRD Muarojambi
Bupati menyerahkan RAPBDP Kepada Ketua DPRD Muarojambi /
 
SENGETI - DPRD Kabupaten Muarojambi kembali menggelar Rapat Paripurna, dimana kali ini dilaksanakan Paripurna Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran (TA) 2017
 
Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro SE pada Rapat Paripurna menyampaikan pada dasarnya RAPBDP ini memuat penjelasan secara garis besar arah dan kebijakan RAPBD TA 2017 yang merupakan upaya pencapaian visi misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Renja Pemda. 
 
Dikatakan Bupati Masnah, Rancangan Perubahan APBD TA 2017 disusun sesuai proses dan mekanisme berdasarkan Permendagri No. 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2017 dan disampaikan atas dasar telah ditandatanganinya Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Perubahan APBD antara DPRD dan Pemda. "Dalam penyampaian ini antara lain memuat Perubahan Asumsi Kebijakan Umum APBD, Perubahan Kebijakan Pendapatan Daerah, dan Perubahan Kebijakan Pembiayaan Daerah,"ujar Masnah
 
Dikatakan pula, Pemkab Muaro Jambi telah menetapkan APBD TA 2017 melalui Perda No. 20 Tahun 2016, penetapan tersebut telah disinkronisasikan dengan Perpres RI No. 97 Tahun 2016 tentang Rincian APBD Tahun 2017. "Oleh karenanya target pendapatan yang ditetapkan pada APBD TA 2017 telah disesuaikan dengan rincian alokasi dari Perpres tersebut dengan tetap mendasari pada asumsi makro ekonomi,"imbuh Masnah. 
 
Disisi lain kata Bupati Masnah, dengan dipublikasinya rincian alokasi dana transfer ke daerah oleh Kemenkeu RI dimana alokasi DAU mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan peningkatan dari sisi penerimaan dana perimbangan lainnya serta adanya kewajiban Pemda pada tahun berjalan yang menjadi prioritas untuk dianggarkan, atas dasar tersebut, sesuai dengan mekanisme maka perlu dilakukan penyesuaian terhadap target-target pendapatan dan alokasi belanja pada APBD Perubahan TA 2017.
 
"Dalam RAPBD-P TA 2017 diusulkan target Pendapatan Daerah sebesar Rp. 1,2 Triliun Lebih, terjadi kenaikan sebesar Rp. 28,7 Milyar Lebih atau 2,24 Persen dari target penetapan APBD TA 2017 sebesar Rp. 1,18 Triliun Lebih pendapatan daerah Kabupaten Muaro Jambi, "ujar Bupati Masnah. 
 
Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muaro Jambi Salmah Mahir berlangsung lancar, dihadiri Wakil Ketua DPRD Fahmi Mai, Anggota DPRD, Kepala OPD dan Camat. (era)