PU Janjikan Jembatan Gantung Desa Sponjen Segera Fungsional

Jumat, 01 Juni 2018 - 15:54:24


Kadis PU PR Muarojambi saat melihat kondisi jembatan Gantung Sponjen
Kadis PU PR Muarojambi saat melihat kondisi jembatan Gantung Sponjen /
SENGETI- Musibah robohnya Jembatan Gantung di Desa Sponjen Kecamatan Kumpe Muarojambi beberapa hari lalu hingga kini masih menjadi masalah masyarakat desa untuk beraktifitas, jalanya aktifitas hanya bisa dilakukan menggunakan perahu. 
 
Masyarakat berharap agar pihak Pemkab Muarojambi dapat segera memberikan solusi agar jembatan ini dapat kembali digunakan secepatnya sehingg masyarakat diseberang sungai tidak kesulitan beraktifitas. 
 
Menanggapi keluhan Masyarakat ini, pihak Dinas PUPR, BPBD dan Kacamatan 1 hari pasca kejadian langsung turun ke lokasi untuk melihat kondisi jembatan dan mencari solusinya. 
 
Dari pantauan ini Kepala Dinas PUPR sebagai Instansi tekhnis mengatakan bahwa pihak Pemkab telah melakukan peninjauan kelokasi jembatan dan pihaknya berjanji akan melakukan upaya perbaikan. 
 
"Kami melakukan  Identifikasi Komponen Jembatan yg masih bisa dipakai dan komponen jembatan yg harus diganti, Insha Allah selambatnya hari Minggu sudah ada Aksi untuk kembali berfungsinya Jembatan Gantung ini,"ujar Kadis PUPR Muarojambi Yultasmi SE ST MM
 
Saat ditanya terkait upaya jangka panjang pemkab Muarojambi untuk Jembatan Gantung ini apakah akan diperbaiki secara total atau tidak, Kadis PUPR menjawab bahwa hal ini akan menjadi pembahasan bersama pihak Legislatif. 
 
"Akan kami usulkan untuk membuat Jembatan Permanen, Konstruksi Jembatan Baja (Bridge Steel), namun tentu harus dibahas dahulu bersama antara eksekutif dan Legislatif, untuk sementara pihak TNI dan BPBD telah menyiapkan perahu karet untuk masyarakat yang ingin menyeberangi sungai, "pungkas Yultasmi. 
 
Diberitakan sebelumnya bahwa Gantung yang ada di Desa Sponjen  nyaris ambruk ke sungai, hal ini membuat warga seberang sungai tak dapat melintas, Kejadian ini diketahui terjadi pada Rabu (30/5) sore sekitar pukul 17.30 WIB, dimana penyebab kejadian ini adalah putusnya tali sling penahan jembatan sehingga jembatan oleh ke kanan. 
 
Saat kejadian itu diketahui sedang ada warga yang melintas dimana diketahui 6 motor jatuh ke sungai dan 1 Motor tersangkut di tengah jembatan, beruntung para warga yang jatuh kesungai dapat diselamatkan dan dibawa ke pinggir sungai. (nil) 
Penulis: Danil
Editor: Arka