Dewan Dukung Penuh Program Peningkatan Produksi Pangan

Rabu, 10 November 2021 - 09:20:29


/

SENGETI - Kabupaten Muarojambi saat ini memiliki potensi yang besar sebagai daerah pemasok bahan pangan seperti Padi, hal ini disebabkan karena wilayah Kabupaten Muarojambi yang masih belum banyak tergarap sebagai lahan pertanian.

Untuk terus menggenjot Muaro Jambi menjadi daerah Pemasok Pangan di Provinsi Jambi maka berbagai cara dilakukan, beberapa tahun belakangan ini upaya kerja keras peningkatan produksi pangan mulai menunjukkan hasil yang baik .

Hal ini tak terlepas dari komitmen penuh DPRD Muarojambi dalam mendukung seluruh program di sektor Pertanian, banyak terobosan dan program yang di inisiasi oleh DPRD Muaro Jambi di sektor pertanian.

"Tentu kami terus komitmen dalam mendukung upaya peningkatan produksi pertanian di Muaro Jambi, program prioritas memang kita peruntukan membangun kemandirian pangan,"ujar Anggota DPRD Muarojambi Aidi Hatta.

Lebih lanjut Aidi juga mengatakan bahwa Produksi pagan padi di Muarojambi tahun 2021 ini mulai meningkat dari tahun sebelumnya, Kenaikan itu, yakni dari 2,9 ton menjadi 4,6 per hektar setiap kali panen.

Di wilayah Kabupaten Muarojambi terdapat tiga Kecamatan penghasilan produksi padi terbanyak seperti Kecamatan Kumpe Ulu, Kumpe Ilir dan Jaluko.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muarojambi Zulkarnaen mengatakan bahwa meskipun produksi padi di Muarojambi meningkat, namun masih banyak masyarakat Muarojambi beli beras yang didatangkan dari luar daerah.

"Pada tahun lalu masyarakat Muarojambi masih diangka ratusan miliar melakukan pembelian beras dari luar daerah, kita berharap kedepannya masyarakat Muarojambi mengonsumsi produk lokal,"ujarnya.

Ia juga mengatakan, dalam mengantisipasi ketahanan pagan di wilayah Kabupaten Muarojambi, setidaknya ada 11 bahan pokok strategis yang akan dikawal betul oleh dinas ketahanan pangan Kabupaten Muarojambi.

"Untuk pengamanan ketersediaan produksi pagan, kita juga lagi mendorong masyarakat Muarojambi meningkat produksi pertanian, seperti padi, sayuran dan buah-buahan," tutupnya.(nil)