Bupati Masnah Sambut Kedatangan Kapolda Dalam Rakor Percepatan Vaksin

Selasa, 11 Januari 2022 - 14:13:52


/

SENGETI,PJ- Bupati Muarojambi Masnah Busro S E M Tr IP Selasa (11/01) Pagi menerima kunjungan Kapolda Jambi beserta rombongan di rumah dinas bupati muarojambi bukit cinto kenang sengeti. Kedatangan Kepala Kepolisian Daerah Jambi Irjen Pol. A Rachmad Wibowo S.I.K ke Muarojambi dalam kegiatan rapat kordinasi Percepatan pencapaian Vaksinasi Covid-19.

Turut hadir mendampingi Kapolda Jambi Irjen Pol A.Rachmad Wibowo, Kapolres AKBP Yuyan Priatmaja, Dir Krimsus Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany S, Kasubdit Tipikor Ditkrimsus Polda Jambi AKBP Ade Dirman.

Rakor tersebut dipimpin langsung Kapolda Jambi Irjen Pol. A Rachmad Wibowo dan dihadiri Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro, Kajari Muarojambi Kamin S.H., M.H, Pabung Muarojambi Letkol. Inf Syafendi S.Ag dan Para Forkompimda kabupaten Muarojambi para kepala OPD, para Camat dan Perwakilan Kepala Desa.

Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo menyampaikan ini merupakan kunjungan pertamanya di Rumah Dinas Bupati Muarojambi. Tujuannya datang ke Muarojambi untuk menyampaikan perintah Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo terkait capaian Vaksinasi Covid-19, Di Kabupaten Muarojambi yang sudah mencapai 71,7 persen, Namun standar pada bulan Maret tahun 2022 harus sudah mencapai target 100 persen.

“Untuk Target Vaksinasi di Wilayah Kabupaten Muarojambi 302.016 Jiwa, jadi 1 Desa harus bisa melaksanakan Vaksinasi 20 orang setiap hari,” kata Polda Jambi Rachmad Wibowo.

Kapolda Jambi juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Muaro Jambi yang sudah membantu mengirimkan Nakes untuk melaksanakan Vaksinasi di Kabupaten Kerinci.

Kapolda Jambi juga menjelaskan Kabupaten Muarojambi dari tanggal 31 Desember 2021 (10 hari) pelaksanaan Vaksinasi dibawah garis Linear 0,67% (2.065 Dosis), Jendral Bintang dua ini juga meminta Lokasi dan sarana Prasarana pelaksanaan Vaksinasi dekat dengan tempat warga, agar bisa langsung diakses warga, dan perlunya peran dari Perangkat Desa dalam kegiatan vaksin tersebut.

“Calon penerima vaksin harus dimobilisasi, kemudian Tim Vaksinator harus selalu mendapatkan pelatihan. Dan juga untuk stok vaksin agar selalu dikoordinasikan jumlah ketersediaan vaksin di wilayah Kabupaten Muarojambi,” sebut Kapolda.

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) harus dilakukan oleh Dokter dalam pelaksanaan Screaning, serta pelayanan vaksin harus diatur agar tidak terjadi kerumunan dan masyarakat tidak menunggu terlalu lama dalam pelaksanaan Vaksinasi.

“Dan juga untuk pelaksanaan vaksinasi Perangkat Desa harus menyiapkan 20 orang untuk vaksinasi perharinya,” tandasnya.

Menyikapi himbauan Kapolda jambi, Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro akan perintahkan seluruh OPD, Camat dan Kepala Desa di Muarojambi bergerak lakukan serbuan vaksinasi pada masyarakat secara door to door.

“Muarojambi capaian vaksinasinya masih zona putih dan belum mencapai target. Kita dikasih target hingga April nanti harus 100 persen. Karnya kepada seluruh OPD, Camat, dan para kepala Desa di Muarojambi harus bergerak lagi dan memfokuskan pelaksanaan vaksinasi door to door,” kata Bupati Masnah.

Ia juga menekankan, semua Kepala Desa harus mampu membawa 20 orang masyarakat untuk di vaksin setiap harinya. Kemudian tiga desa harus buat satu pos vaksin, jika masyarakat yang tidak sanggup datang agar dijemput.

Para OPD semua harus bergerak. Setiap hari harus turun dan tagih capaian vaksinasi masing-masing desa, pelaksanaan vaksinasi ini tidak pakai dorparize lagi.

“Kamis besok kita lakukan apel, semua OPD harus hadir, untuk uji coba pelaksanaan serbuan vaksinasi ke desa-desa di wilayah Muarojambi, Pokoknya sampai April harus tercapai 100 persen,” sebut Bupati Masnah.(era)