Pemkab Muarojambi akan salurkan Bibit Sawit kepada Petani

Selasa, 15 Maret 2022 - 10:46:04


/

SENGETI- Pemkab Muarojambi saat ini meminta masyarakat Muarojambi untuk mewaspadai peredaran bibit sawit palsu yang semakin marak di masyarakat, untuk itu Pemkab Muarojambi akan melakukan pengadaan bibit sawit.

Sekretaris Disnakbun Muaro Jambi H Amri menyebut, tahun ini pihaknya mengadakan 15 ribu kecambah asli.

Program pengadaan bibit sawit unggul ini akan menggunakan dana APBD Muaro Jambi 2022 ini.

"Programnya tahun ini. Rencana 15 ribu kecambah, mudah-mudahan terlaksana dengan baik," kata Amri.

Muaro Jambi merupakan satu daerah penghasil sawit di Provinsi Jambi.

Hampir setiap desa petaninya ada yang berkebun sawit. Tapi sayang, bibit yang mereka gunakan tidak tepat.

70 persen petani di Kabupaten Muaro Jambi menggunakan bibit palsu.

Katanya, secara kasat mata memang tidak ada bedanya kecambah maupun anak dari bibit palsu dan asli. Yang membedakannya setelah sawit berusia lima tahun.

Ada petani yang telah menanam sawit dengan usia tanam lima tahun tapi belum begitu menghasilkan.

Sementara, jika sawit yang menggunakan bibit asli, diusia 1,9 tahun sudah menghasilkan tiga hingga empat kwintal perkapling.

"Bibit asli belum dua tahun sudah menghasilkan. Sementara bibit palsu terkadang tiga tahun baru belajar berbuah atau buah pasir," ujarnya.

Selain cepat menghasilkan, buah yang dihasilkan juga berkualitas. Perusahaan dengan mudah membelinya karena kwalitas buah sangat bagus.

"Kemudian bisa dilihat dari tinggi batang. Jika bibit asli, ketinggian batang maksimal 45 cm pertahun. Sementara jika bibit palsu, terkadang cepat sekali tingginya," katanya.

Untuk mendapatkan kecambah bibit asli yang dianggarkan oleh pemerintah, petani bisa mengusulkan kepada Disnakbun melalui kelompok tani masing-masing.

"Harus ada kelompok taninya. Kita tidak bisa kasih kepada petani yang tidak tergabung dengan kelompok tani," pungkasnya.(era)