Sedang Beraksi, 1 Pelaku Pungli Mobil Batubara Ditangkap Polsek Kumpe Ulu

Sabtu, 09 Juli 2022 - 19:29:01


Pelaku Pungli (Baju Putih) saat diamankan Polsek Kumpe Ulu bersama Barang bukti
Pelaku Pungli (Baju Putih) saat diamankan Polsek Kumpe Ulu bersama Barang bukti /

SENGETI - Perjuangan Pihak Kepolisian Muaro Jambi dalam memberantas aksi pelanggaran dan aksi Kejahatan yang meresahkan masyarakat terus dilakukan, salah satunya ialah yang dilaksanakan oleh Jajaran Polsek Kumpe Ulu yang menangkap pelaku Pungutan Liar (Pungli) kepada armda pengangkut Batubara.

Dari penangkapan yang dilakukan pada Sabtu (09/07/22) dini hari tadi, Unit Reskrim Polsek Kumpeh Ulu yang dipimpin IPDA H. Sirait mengamankan 1 orang pelaku Pungli saat tengah beraksi di RT 06 Desa Muaro Kumpeh 

"Iya subuh tadi satu pelaku pungli kembali kita amankan," kata Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja melalui Kapolsek Kumpeh Ulu AKP Agus Purba. 

Dikatakan Kapolsek, penangkapan terhadap pelaku pungli ini tak jauh berbeda dari penangkapan-penangkapan sebelumnya. Pelaku ditangkap oleh petugas yang tengah berpatroli. 

"Terduga pelaku yang ditangkap tadi subuh ialah Ilham Saputra, warga RT 01 Muaro Kumpeh. Pelaku ditangkap dengan barang bukti uang hasil pungli sebesar Rp. 69 ribu," kata Kapolsek. 

Modus terduga pelaku pun juga tak jauh berbeda seperti sebelumnya. Pelaku berdiri di tengah jalan kemudian memperlambat laju kendaraan batu bara yang tengah melintas, dengan modus mengatur arus lalu lintas pada saat ada mobil batu bara yang rusak lalu pelaku meminta uang kepada para sopir batu bara.

"Pelaku diamankan tanpa perlawanan," timpal Kanit Reskrim yang mendampingi Kapolsek Kumpe Ulu.

Sama seperti sebelumnya, Polisi berharap praktik pungli seperti ini tak lagi terjadi ke depan. Apapun alasannya. Pasalnya, bila masih terjadi, petugas pun tak akan bosan untuk menindak tegas pelaku-pelaku yang masih nekat melakukannya. 

"Kita tidak akan pernah bosan untuk menindaknya jadi ke depan jangan sampai terjadi lagi. Kalau ada kita akan tindak tegas tanpa pandang bulu,"pungkasnya.(era)

Penulis: Daniel
Editor: El