Faradillah Zahara Hadiri Undangan Pameran Batik Angso Duo Di Parkiran Candi Gumpung

Rabu, 18 Januari 2023 - 02:35:35


/

Sengeti - Ketua Dekranasda kabupaten muaro jambi, Faradilah Zahara Bachyuni, menghadiri undangan pameran perempuan batik angso duo di parkiran candi gumpung, kawasan candi muaro jambi, desa muara jambi, kecamatan maro sebo, kabupaten muaro jambi. Rabu (18/01/2023).

Dalam pembukaan Pameran pertunjukan proses trasmisi  budaya dan promosi  kesetaraan gender. Dibuka langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah DPD RI Ria Mayang, Dalam sambutannya mengatakan pameran yang bertema Perempuan dan batik angso duo.
 Motif batik angso duo tersebut  memiliki makna  bahwa setiap orang haruslah  berusaha untuk mencari tempat yang lebih baik.
Dan bisa menentukan tujuan secara efektif melalui, proses yang matang dengan hasil yang maksimal.

Selanjutnya Ria mayang juga menyapaikan Perempuan dan batik memiliki ikatan yang kuat, hal tersebut dilihat dari mayoritas pembatik di provinsi jambi adalah kaum perempuan.

Selanjutnya menurut kepala Balai Pelestarian Kebudayaan BPK wilayah V, Agus Widyatmoko, kegiatan ini merupakan program dana abadi kebudayaan katagori  pendayagunaan ruang publik perseorangan yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi tahun 2022.

Sementara ketua Dekranasda kabupaten muaro jambi, Faradilah Zahara,  Dalam sambutannya, menyambut baik kegiatan  yang diselenggarakan pada hari ini yaitu sebuah kegiatan yang berbasis pada perempuan dan batik dalam konteks kemajuan kebudayaan di kawasan Candi Muara Jambi dan di provinsi Jambi.

Menurut Fardilah, secara umum kegiatan ini menjadi bukti bahwa peran perempuan dalam konteks kebudayaan Jambi memang tidak bisa diabaikan terutama posisi dan keberlangsungannya terhadap batik melalui tangan perempuan Jambi.

 batik angso duo menjadi lebih berdaya mampu merekam bermacam dimensi kebudayaan  yang selama ini mungkin sudah semakin tersisihkan secara tidak langsung bisa kita cermati bahwa perempuan dan batik merupakan suatu komposisi yang serius gimana corak dan motif batik adalah suatu ingatan kultural yang diwarisi dari nenek moyang terdahulu.

Melalui  perempuan Inilah ingatan-ingatan kita bisa diregenerasi, direvitalisasi pada zaman ke zaman sebagai suatu transmisi kebudayaan perempuan dan dalam keluarga merupakan sendi utama yang menggerakkan ekonomi keluarga akan stabilitas dan produktivitas keluarga hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga bahwa dalam konteks kegiatan perempuan dan batik.

Kita bisa melihat bagaimana sosok perempuan mengimplementasikan konsistensi keuletan dan ketekunannya dalam melestarikan batik secara berkelanjutan. Ungkapnyq

Dalam kegiatan ini , Fardilah mengucapkan terima kasih sudah menginspirasi untuk saya dan seluruh pengunjung pada hari ini Terima kasih juga kepada Kementerian Pendidikan Kebudayaan  riset dan teknologi, dan kepala badan pelestarian kebudayaan Wilayah V,  serta kepala desa muara Jambi yang sudah memberikan dukungan bagi terlaksananya kegiatan ini terima kasih untuk kegiatan yang istimewa ini semoga batik Muara Jambi bisa berkembang dengan pesat memberikan ruang pemberdayaan dalam konteks ekonomi kreatif dan juga pemberdayaan kesejahteraan keluarga secara spesifik.

Dan di akhir sambutan Faradilah, jsebuah pantun,  membacakan pantun, "indahnya alam Muaro Jambi bergerak mantap itulah banyak macam busana kini Batik Jambi mantap di hati". tutupnya.(era)